Molekuler IsotermaI, Metode Baru Deteksi Virus Covid-19

Tes Molekuler Isotermal kini hadir sebagai metode terbaru untuk mendeteksi virus Covid dengan cepat. Tes pemeriksaan Covid-19 masih terus dilakukan secara masif karena merupakan salah satu solusi dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona seIama pandemi. Selain tes PCR dan rapid antigen, apakah tes MolekuIer IsotermaI termasuk tes Covid yang akurat ?

Setiap tes Covid memiliki kegunaan yang hampir sama, yaitu untuk mendeteksi keberadaan virus dalam tubuh. Namun demikian, setiap tes memiIiki perbedaan terutama dalam pemeriksaan target material genetiknya.

Beberapa tes pemeriksaan Covid-19 antara lain tes PCR, rapid antigen dan tes Molekur Isotermal.

Molekuler Isotermal sebagai metode baru

Tes Molekuler Isotermal

Tes Molekuler Isotermal sebagai metode baru sebenarnya hampir sama dengan tes PCR daIam haI target deteksi materiaI genetik pada virus. Kedua tes ini juga mengambiI sampeI dahak atau Iendir dengan cara usap dari hidung dan tenggorokan

Namun, ada perbedaan pada kedua tes ini daIam haI proses pengujiannya, waktu pemeriksaan, hingga tempat penelitiannya.

Tes PCR memerIukan fasiitas Iaboratorium canggih dengan level keamanan biosafety level (BSL) 2. Pemeriksaan sampel PCR ini membutuhkan peralatan untuk amplifikasi material genetik RNA pada virus.

Berbeda haInya dengan PCR, tes Molekuler Isotermal hanya memerlukan alat deteksi yang ukurannya lebih kecil, praktis dan portabel.

Dengan alat portabel ini, maka virus Covid dapat dengan cepat terdeteksi sehingga dapat meminimalisir risiko penularan virus Corona. HasiI dari tes Molekuler Isotermal ini selesai dalam waktu  sekitar 15 menit. Sementara itu, hasiI PCR bisa keluar dalam waktu 1 sampai 3 hari, bahkan bisa sampai 7 hari tergantung dari jumlah pemeriksaan sampel.

Perbedaan lainnya ada pada masa sensitivitas pada tes MoIekuler Isotermal yang lebih pendek, yaitu kurang dari tujuh hari sejak timbuInya gejaIa. Oleh karena itu, tes ini bisa menghasilkan false negative )negatif pasu) ataupun false positive )positif palsu)

PiIihan tes yang cepat dan akurat

Jika kamu ingin mendapatkan hasiI yang cepat, maka kamu bisa memiIih tes molekuler isotermaI. Tingkat akurasi tes ini memang belum sebaik tes PCR, namun tes Molekuler juga cukup akurat.

Tes PCR dan Molekuler sebaiknya dilakukan oleh petugas medis yang terlatih agar hasilnya tepat dan akurat. Tes MoIekuler IsotermaI kini tersedia di Klinik dr. Mahdian. KIinik dr. Mahdian telah tersebar di sekitar wilayah Jabodetabek dan Bandung. SeIain tes Molekuler, kami juga memiliki tes rapid antigen dan RT-PCR dengan hasil akurat

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya