Swab Antigen, Prosedur yang Tepat dan Aman

Tes swab antigen saat ini dilakukan untuk deteksi dini terhadap infeksi virus Covid-19. Swab antigen sebaiknya dilakukan dengan prosedur yang tepat dan aman, agar hasilnya akurat. Bagaimana cara swab yang sesuai? Simak ulasan berikut.

Semakin maraknya alat tes yang dijual bebas di pasaran, kini banyak orang yang melakukan swab mandiri di rumah. Selain karena praktis, mungkin kamu juga tidak ingin mengantri atau menunggu lama di klinik atau fasilitas kesehatan lainnya. Padahal, tidak ada anjuran untuk melakukan tes swab mandiri.

Tujuan swab antigen

Swab antigen

Swab antigen bertujuan untuk mendeteksi virus Covid dengan cepat dan akurat. Bagi kamu yang ingin bepergian, atau harus beraktivitas di kantor atau event tertentu, kamu mungkin membutuhkan hasil negatif dari tes swab.

Apabila kamu baru saja kontak erat atau berinteraksi dengan orang yang positif Covid, maka kamu juga sebaiknya melakukan tes swab untuk mencegah risiko penularan virus Covid.

Sama halnya jika kamu ingin melakukan sunat. Pastikan kamu sudah melakukan swab antigen untuk memastikan bahwa kamu tidak sedang terinfeksi virus Covid. Keamanan dan kenyamanan saat pandemi sangat penting ketika kamu berencana ingin sunat.

Proses tes swab ini memang tergolong cepat dan mudah. Namun, tetap saja jika kamu melakukan swab mandiri di rumah, hasilnya mungkin tidak akurat.

Kamu sebaiknya melakukan tes pemeriksaan di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit atau klinik yang memiliki layanan tes Covid.

Perlukah swab setelah isolasi mandiri?

Setelah isolasi mandiri, kamu tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab. Namun, hal itu jika kamu tanpa gejala atau bergejala ringan saat isolasi. Selain itu, kamu tidak perlu melakukan pemeriksaan lanjutan jika memang tidak ada gejala yang kambuh. Akan tetapi, jika kamu bergejala berat sebaiknya segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk kamu telah sembuh dari infeksi Covid-19 dan kamu berencana ingin sunat, kamu bisa sunat asalkan telah selesai menjalani masa isolasi dan hasil pemeriksaan lanjutan negatif. Jadi, tak perlu menunda sunat dan tak perlu khawatir, ya.

Cara mengambil sampel melalui swab

Cara pengambilan sampel yang tepat yaitu dengan memasukkan alat seperti cotton bud yang panjang ke dalam rongga hidung dan bagian atas tenggorokan di balik langit-langit rongga mulut. Selanjutnya petugas medis akan memutar alat swab sekitar 10 detik agar bisa mengambil sampel dengan baik.

Prosesnya cepat dan hasilnya bisa keluar dalam waktu 15-30 menit. Namun, tingkat akurasi swab antigen masih belum sebaik tes PCR. Oleh karena itu, jika hasil swab kamu positif, sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan dengan tes PCR.

Jika melakukan swab mandiri, kamu bisa saja menggunakan alatnya dengan tidak benar. Besar kemungkinan alat swab tidak menjangkau rongga hidung dan tenggorokan dengan tepat, sehingga sampel yang diambil adalah air liur dan bukannya lendir yang ada di tenggorokan. Alhasil, sampel yang keliru ini bisa menunjukkan hasil swab negatif.

Lakukan swab di fasilitas kesehatan

Jadi, jika kamu ingin melakukan tes swab Covid, sebaiknya lakukan di fasilitas kesehatan yang terstandar baik dengan petugas medis yang professional.

Klinik dr. Mahdian memiliki layanan tes pemeriksaan Covid-19 yang lengkap, seperti tes PCR, swab antigen, dan tes molekuler isotermal.  Dengan harga yang terjangkau dan peralatan swab berkualitas, kami selalu siap melayani dan memberikan yang terbaik untuk kesehatanmu.

Yuk, bersama kita lawan Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan 5M, melakukan tes pemeriksaan Covid, dan vaksinasi.

Segera konsultasi dan daftar sekarang di Klinik dr. Mahdian yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya