Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Lakukan Hal ini!

Kamu baru saja kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19? Kamu pastinya merasa sangat cemas jika saja tertular virus Corona. Jadi, apa yang harus dilakukan setelah kamu berinteraksi bahkan melakukan kontak erat dengan orang yang positif Covid?

Jangan panik dan tetap tenang. Kondisi setiap orang tentunya berbeda. Mungkin kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga kecil kemungkinan untuk risiko terinfeksi virus Covid.

Menurut salah satu dokter spesialis penyakit dalam, kita dikatakan sudah kontak erat dengan orang positif Covid jika telah bertatap muka dengan mereka selama kurang lebih 15 menit. Jadi meskipun kita tidak menyentuh orang yang positif, dan hanya interaksi tatap muka berarti kita sudah melakukan kontak erat.

Isolasi mandiri

Isolasi mandiri

Jangan terburu-buru melakukan tes setelah kontak erat dengan orang positif Covid. Virus memiliki masa inkubasi sekitar 5-7 hari, jadi kamu harus menunggu sampai masa inkubasinya berlalu.

Apabila kamu langsung melakukan tes, maka kemungkinan besar hasilnya akan negatif. Hal ini karena belum terbentuknya paparan virus Covid dalam tubuh.

Jadi, sebaiknya kamu melakukan karantina mandiri di rumah selama 5-7 hari, lalu lakukan tes. Jika hasil tes kamu negatif dan tanpa gejala, kamu bisa beraktivitas seperti biasa.

Lakukan tes pemeriksaan Covid-19

Setelah melakukan tes dan ternyata hasilnya positif, kamu sebaiknya menjalani isolasi mandiri di rumah. Namun, jika gejala yang kamu alami tergolong ringan. Jika kamu mengalami gejala berat sebaiknya kamu ke rumah sakit untuk mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat.

Gejala ringan pada orang positif Covid, antara lain demam, batuk, pilek dan nyeri otot. Pada sebagian orang, bisa kehilangan indera penciuman ataupun indera pengecap rasa.

Pada penderita Covid dengan gejala berat biasanya mengalami demam tinggi, nyeri otot, kelelahan yang berlebihan, batuk kering, radang tenggorokan, sesak nafas hinggal mual dan muntah.

Jika kamu mengalami hal ini, segera ke rumah sakit untuk perawatan intensif.

Lapor kepada tim Satgas Covid atau RT/RW dan puskesmas

Setelah kamu terkonfirmasi positif, segera lapor ke petugas Covid RT/RW atau puskesmas terdekat. Satgas Covid biasanya akan mendata, melacak orang dekat yang terakhir kontak erat dengan kamu, dan memantau kondisi kesehatanmu.

Dengan melaporkan kondisi kamu, hal ini bisa membantu untuk memutus rantai penyebaran virus Covid.

Isolasi mandiri

Jika kamu terkonfirmasi positif tanpa gejala atau dengan gejala ringan, kamu sebaiknya melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal-hal yang harus diperhatikan saat isolasi mandiri yaitu:

  • Pisahkan ruanganmu dengan anggota keluarga lain agar tidak terinfeksi virus
  • Pastikan terdapat ventilasi udara yang baik di ruangan.
  • Jangan gunakan peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga.
  • Konsumsi makanan bergizi dan minum vitamin untuk menambah daya tahan tubuh
  • Lakukan olahraga ringan dan usahakan berjemur sekitar 10-20 menit

Lakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari, tergantung apakah kamu bergejala ringan atau berat. Jika kamu ingin melakukan tes pemeriksaan ulang setelah isolasi, itu akan lebih baik guna memastikan apakah kamu masi terinfeksi atau tidak.

Selama masa isolasi, kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter secara daring untuk memastikan kondisi kesehatanmu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang harus kamu lakukan setelah melakukan kontak erat dengan orang yang positif Covid. Patuhi protokol kesehatan di manapun kamu berada ya, terlebih saat beraktivitas di luar rumah. Tetap jaga diri dan keluarga dari penularan infeksi virus Covid-19.

Stay safe, stay healthy!

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya