Harga Tes PCR Covid-19, Hasilnya Hanya 12 Jam!

Berapa harga tes PCR Covid-19 dengan hasil akurat hanya 12 jam? Klinik dr. Mahdian menyediakan tes PCR dengan harga terjangkau dengan proses yang mudah dan hasil cepat. Hingga kini, tes PCR masih menjadi tes yang paling diandalkan dan valid untuk mendeteksi adanya infeksi virus Covid. Tes ini juga bertujuan untuk mengamati keberadaan material genetik DNA pada virus lainnya selain SARS-CoV-2 dalam mendiagnosa penyakit-penyakit tertentu. Meskipun kasus orang yang terkonfirmasi positif Covid semakin menurun, namun tes pemeriksaan seperti swab PCR dan rapid antigen masih terus dilakukan dalam rangka mengantisipasi varian baru virus Corona.

Perbedaan PCR dan Rapid Antigen

PCR merupakan tes NAAT atau Nucleid Acid Amplification Test sebagai tes untuk mendiagnosa virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. PCR mendeteksi material genetik (nucleic acids atau asam nukleat) yang khusus mengidentifikasi RNA (ribonucleic acid) pada virus. Tes ini membutuhkan laboratorium canggih untuk pemeriksaan sampel. Apabila semakin banyak jumlah pemeriksaan sampel, maka hasilnya akan lebih lama.

Sementara itu, rapid antigen juga masih menjadi pilihan banyak orang karena prosedur dan hasil yang lebih cepat. Namun, antigen hanya mengidentifikasi protein tertentu yang terdapat pada lapisan luar virus yang bisa memunculkan respon kekebalan pada tubuh seseorang. Selain untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2, tes ini juga untuk mendiagnosis virus penyebab influenza dan Respiratory Syncytial Virus (RSV). Meskipun antigen tidak seakurat PCR, tes ini juga penting sebagai langkah awal deteksi dini virus Covid.

Tes PCR melalui beberapa tahapan seperti proses ekstrasi sampel, real-time PCR, interpretasi pada hasil, kemudian verifikasi dan validasi hasil. Pada lima tahapan tersebut, real time PCR merupakan yang paling signifikan dalam menentukan ada atau tidaknya virus. Real-time ini mampu mengidentifikasi virus dengan tingkat deteksi yang sangat rendah, sehingga virus dalam jumlah kecil pun bisa terdeteksi.

Tahapan dalam Melakukan Tes PCR

Saat kamu datang ke klinik atau fasilitas kesehatan lainnya, petugas medis akan mencatat datamu dan kemudian melakukan tes. Berikut tahapan dalam melakukan tes PCR.

  • Petugas medis menggunakan APD dan membersihkan tangannya dengan hand sanitizer sebelum mengambil sampel
  • Membuka perlengkapan tes swab yang masih tertutup rapat
  • Memberikan instruksi padamu untuk menengadahkan kepala dan menarik nafas serta menahannya dalam beberapa detik
  • Memasukkan alat swab seperti cotton bud panjang ke dalam hidung dan tenggorokan untuk mengambil sampel lendir dan dahak serta memutarnya dua hingga tiga kali
  • Selanjutnya petugas medis memasukkan alat swab tadi ke dalam tabung yang berisi cairan khusus dan menutupnya dengan rapat.

Prosesnya hanya memakan waktu sekitar 7-10 menit, dan hasilnya bisa kamu dapatkan dalam waktu 12jam hingga 3 hari, tergantung jumlah sampel yang diperiksa.

Harga Tes PCR Covid-19

Jika kamu mencari tes PCR dengan harga terjangkau, kamu bisa datang ke Klinik dr. Mahdian yang tersebar di sekitar Jabodetabek dan Bandung. Klinik dr. Mahdian memiliki tes diagnosa Covid-19 yang lengkap, seperti tes rapid antigen, swab PCR, dan Molekuler Isotermal. Dengan harga yang terjangkau, hasilnya tetap akurat dan cepat.

Berikut rincian harga untuk tes PCR di Klinik dr. Mahdian:

  • PCR 24 jam

Walk in: Rp495 ribu,-

Homecare: Rp595 ribu,-

  • PCR 12 jam

Walk in: Rp650 ribu,-

Homecare: Rp750 ribu,-

Yuk, segera lakukan tes deteksi dini Covid-19 hanya di Klinik dr. Mahdian!

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya