Pelayanan Rapid Antigen Terdekat di Jakarta dan Sekitarnya

Pelayanan rapid antigen terdekat kini bisa dengan mudah kamu akses di Jakarta dan sekitarnya. Rapid antigen adalah tes deteksi dini Covid–19 yang dianjurkan sebelum melakukan follow-up test PCR. Apabila kamu baru saja melakukan kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid atau jika merasakan gejala yang mengindikasikan terkena infeksi Covid-19, sebaiknya lakukan tes rapid antigen sebagai langkah awal.

Sekilas Tentang Rapid Antigen Test

Rapid Antigen Test

Prosedur rapid antigen yaitu memasukkan alat swab untuk mengambil sampel lendir yang terdapat di hidung atau tenggorokan. Tes ini tergolong cepat dengan hasil yang cukup akurat. Hasil positif pada antigen mungkin saja akurat, namun bisa juga menunjukkan hasil negatif palsu (false negative), yang berarti kamu mungkin telah terinfeksi virus namun hasilnya negatif. Dokter biasanya akan merekomendasikan untuk tes PCR untuk memastikan benar atau tidaknya kamu terinfeksi Covid.

Berbeda dengan tes PCR, rapid antigen tidak memerlukan laboratorium khusus untuk pemeriksaan sampel. Cara pemeriksaannya yaitu dengan mencampur sampel dengan cairan khusus yang bisa mengeluarkan protein tertentu yang terdapat pada virus. Prosesnya cepat kurang dari 30 menit, namun tentunya hal ini bisa berpengaruh pada tingkat sensitivitasnya. Hasil negatif palsu bisa diperoleh jika dalam tubuhnya memiliki jumlah virus yang sedikit, maka virus tidak terdeteksi saat pemeriksaan sampel.

Sensitivitas dan Spesifisitas Rapid Antigen

Sensitivitas dan spesifisitas tes Covid merupakan tolak ukur dalam menentukan kemampuan tes itu sendiri. Dalam hal ini yakni bagaimana tes ini dapat mendiagnosa suatu penyakit dan seberapa tepat tes ini bisa mendeteksi keberadaan virus. Sensitivitas yaitu kemampuan suatu tes untuk menunjukkan siapa yang terinfeksi Covid-19 dari keseluruhan populasi yang memang terkena penyakit Covid.

Secara umum, tes yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi sangat jarang menghasilkan negatif palsu, namun bisa menunjukkan positif palsu jika spesifitasnya rendah. Sebaliknya, tes dengan spesifitas tinggi kemungkinan bisa menghasilkan negatif palsu jika sensitivitasnya rendah, akan tetapi lebih jarang menghasilkan positif palsu. Dalam hal ini, PCR masih dianggap sebagai standar emas yang memiliki sensitivitas dan spesifitas tinggi.

Penyebab Negatif Palsu atau Positif Palsu

Tes antigen bisa memberikan hasil positif palsu jika pengguna tidak mengikuti ketentuan atau tata cara penggunaan tes secara tepat pada saat pelaksanaannya. Penyimpanan tes antigen yang tidak sesuai sebelum digunakan juga menjadi salah satu penyebab hasil tes yang tidak akurat. Pemrosesan spesimen secara bersamaan kemungkinan bisa menyulitkan dalam menentukan masa inkubasi yang tepat, sehingga bisa menunjukkan hasil positif palsu.

Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya , yaitu ruangan yang tidak dibersihkan dengan baik, alat tes yang tidak didesinfeksi atau peralatan medis yang tidak diganti. Penggunaan sarung tangan sebaiknya diganti setiap akan menangani pasien yang berbeda. Petugas medis juga harus menggunakan hand sanitizer sebelum memegang alat tes. Hal-hal ini juga bisa meningkatkan risiko penularan virus dari spesimen dengan hasil positif palsu setelahnya.

Apabila kamu merasa kurang yakin terhadap hasil tes antigen yang kamu dapatkan, maka sebaiknya kamu melanjutkan dengan tes PCR untuk memastikan benar atau tidaknya kamu telah terinfeksi Covid-19.

Pelayanan Rapid Antigen Terdekat

Jika kamu sedang mencari tempat layanan rapid antigen terdekat, segera kunjungi Klinik dr. Mahdian yang tersebar di kota Jakarta dan sekitarnya. Klinik dr.Mahdian memiliki layanan tes Covid seperti rapid antigen, PCR Test, dan Moleculer Isothermal Test.

Dengan harga yang terjangkau, klinik kami selalu memberikan pelayanan terbaik untuk memudahkan kamu melakukan tes deteksi Covid.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajak keluarga untuk segera lakukan tes Covid-19 di Klinik dr. Mahdian!

Berikut ini lokasi Klinik dr. Mahdian di Jakarta dan sekitarnya.

JAKARTA

  • Tebet

Jl. Abdullah Syafel No. 21D (Wisma KAHA), Tebet, Jakarta Selatan

(021) 22903892

  • Plumpang

Jl. Walang Baru Raya No. 12, Tugu Utara, Jakarta Utara

(021) 43931542

BEKASI

  • Jati asih

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi

(021)-8424 200 20

  • Cibubur

Jl. Alternatif Cibubur No.6D, Jatisampurna

(021) 84341051

  • Juanda

Jl. Ir. H. Juanda No. 170, Margahayu, Bekasi Timur

(021) 82691903

DEPOK

• Margonda

Jl. Margonda Raya No. 49

(021) 7721 9394, 0813 1222 8012

TANGERANG

  • Serpong

Jl. Raya Serpong No. KM 8, Serpong Utara, Tangerang Selatan

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya