Celana Sunat Bantu Penyembuhan Pasca Sirkumsisi

Celana sunat biasanya digunakan oleh pasien ketika selesai melakukan tindakan sunat atau sirkumsisi. Celana ini tersedia dalam beberapa ukuran. Bahan yang digunakan terbuat dari bahan hypoallergenic. Bahan ini cukup aman dan nyaman untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Sirkumsisi atau sunat adalah tindakan medis yang umum di Indonesia. Saat ini, perkiraan ada lebih dari 1 juta anak Indonesia sudah melakukan tindakan sirkumsisi. Metode sunat pun semakin hari semakin canggih mengikuti perkembangan zaman, mulai dari tindakan konvensional, electric cauter hingga teknologi modern menggunakan klem. 

Untuk membuat nyaman pasien yang baru melaksanakan tindakan sirkumsisi, dokter biasanya akan menyarankan untuk menggunakan celana sunat.

Manfaat celana sunat 

Berikut beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

  • Mempercepat proses penyembuhan, 
  • Menghindari kontak penis dengan kain atau benda sekitar, 
  • Anak yang menggunakan dapat beraktivitas normal, 
  • Mengurangi kelembaban di area sekitar penis dan juga melindungi penis. 

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli celana sunat 

Pilih model yang tepat 

Terdapat dua model celana sunat. Pertama, adalah jenis yang berbentuk mirip separuh bola. Berikutnya, adalah yang bentuknya lonjong mirip helm sepeda gunung. Perbedaan model inipun tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Misalnya, pada model spons. Bentuk ini meskipun terbilang kaku, namun tidak gampang kempes dan menawarkan ruang yang lebih luas. Tapi, kekurangan pada model ini adalah cenderung memakan ruang di area penis. Akibatnya ruang gerak pun jadi terhambat termasuk saat beraktivitas. 

Kemudian, pada model lonjong yang mirip helm sepeda. Celana sunat ini membuat anak seperti tidak habis melakukan tindakan sirkumsisi. Model ini juga lebih lentur sehingga nyaman untuk digunakan. Akan tetapi pada model ini, cenderung lebih sempit. Hal ini bisa saja memungkinkan munculnya risiko gesekan penis dengan bahan kain atau benda di sekitar. 

Pilih bentuk yang memadai 

Sebelum memutuskan untuk membeli, perhatikanlah celana sunat yang memiliki lubang ventilasi yang memadai. Hal ini penting, sebab lubang ventilasi bermanfaat untuk tempat keluar masuknya udara. Jika lubang ventilasi pada memadai dan ideal, maka bekas luka pada pasien pun akan lebih cepat kering dan sembuh. 

Pastikan ukuran celana sunat 

Ukuran juga jadi salah satu faktor penting sebelum membeli. Pastikan ukuran pinggang dan juga paha tepat. Jangan membeli yang ukurannya terlalu besar, hal ini karena bisa melorot ataupun mudah lepas. Jangan juga membeli yang terlalu sempit, sebab jika terlalu sempit bisa menghambat aliran darah di sekitar penis dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya