Sunat Anak di Tengah Pandemi, Aman Nggak Sih?

Sunat anak di tengah pandemi Covid-19, aman nggak ya? Ayah Bunda tentunya ingin si Kecil tetap sehat meskipun berada dalam situasi pandemi seperti ini. Di ulasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyunat anak yang aman dan nyaman di tengah pandemi.

Selama masa pandemi, muncul banyak kekhawatiran akan risiko penularan virus Covid-19. Oleh karena itu, sebagian orangtua menunda waktunya untuk menyunat anak. Padahal, dalam kondisi medis tertentu, anak tetap harus sunat.

Tingkat penyebaran virus Covid-19 yang semakin tinggi mengharuskan kita untuk mengurangi kunjungan ke rumah sakit atau ke klinik, kecuali memang untuk kebutuhan yang mendesak. Ayah dan Bunda juga pasti khawatir membawa si Kecil untuk sunat, namun kondisi kesehatan anak tetap harus diperhatikan.

Amankah sunat selama pandemi?

Ada beberapa kondisi medis, seperti fimosis (kulup melekat erat di ujung penis) ataupun balanitis (peradangan pada ujung penis) yang mengharuskan Ayah dan Bunda tetap harus membawa anak untuk disunat. Untuk anak gemuk biasanya juga memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti burried penis (penis tenggelam), sehingga harus segera sunat.

Menurut Dr. Zaiem dari Rumah Sunat dr. Mahdian, di tengah situasi pandemi yang semakin tidak menentu ini, sunat tetap bisa dilakukan. Namun, jika orangtua khawatir untuk melakukan sunat di rumah sakit atau klinik khusus sunat, maka ada pilihan lain yaitu sunat di rumah.

Dokter dan tim medis di Rumah Sunat dr. Mahdian selalu menjalankan protokol kesehatan agar pasien tetap merasa aman dan nyaman selama proses sunat. Peralatan yang digunakan sekali pakai dan tetap steril untuk mencegah terjadinya risiko infeksi silang antar pasien.

Beberapa klinik menyarankan untuk melakukan screening kesehatan termasuk tes Covid-19 sebelum melakukan prosedur sunat. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

Tips sunat di masa pandemi

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan sunat anak yang aman selama pandemi.

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum menyunat anak, Ayah dan Bunda bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter tentang kondisi si Kecil. Sebaiknya kurangi kunjungan ke faslitas kesehatan selama pandemi.

Ceritakan tentang kondisi kesehatan anak, apalagi jika anak mengalami fimosis atau balanitis, kemungkinan dokter akan melakukan tindakan sunat.

  • Sunat di Klinik Khusus Sunat

Saat ini banyak sekali klinik khusus untuk sunat anak. Banyak klinik khusus sunat yang dilengkapi dengan ruang bermain atau mainan yang disediakan untuk anak sehingga anak tetap nyaman. Di klinik khusus sunat biasanya tidak teralu ramai karena dokter sudah mengatur jadwal sunat, sehingga lebih aman untuk menyunat si Kecil. Klinik juga pastinya menerapkan protokol kesehatan yang tepat dan sesuai standar.

  • Selalu patuhi protokol kesehatan

Jika Ayah dan Bunda ingin membawa anak untuk sunat ke klinik ataupun rumah sakit, tetaplah mematuhi protokol kesehatan. Batasi jumlah orang yang akan mengantar anak untuk sunat.

Jangan lupa selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.

  • Sunat di Rumah

Di masa pandemi yang semakin tidak menentu ini, banyak klinik khusus sunat yang menyediakan layanan sunat di rumah.

Dokter dan tim medis yang membantu pun juga menggunakan APD lengkap dan peralatan yang steril sehingga anak tetap aman dan nyaman.

Ayah  Bunda tak perlu ragu lagi untuk menyunat si Kecil di tengah pandemi. Rumah Sunat dr. Mahdian menyediakan solusi sunat aman selama pandemi. Kami juga memiliki layanan sunat anak gemuk dengan metode khusus yang minim risiko pendarahan.

Selain itu, metode lain yang kami gunakan yaitu metode modern Mahdian Klem sekali pakai, tanpa jahit, minim risiko pendarahan, dan anak bisa langsung beraktivitas. Dan pastinya Rumah Sunat dr . Mahdian selalu menerapkan protokol kesehatan. Jadi, sunat anak di tengah pandemi, tetap aman pastinya ya Ayah Bunda.

Yuk, ajak si Kecil untuk sunat di Rumah Sunat dr. Mahdian!

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya