Isolasi Mandiri di Rumah, Ini yang Harus Dilakukan

Saat menjalani isolasi mandiri di rumah, apa saja sih yang harus kamu lakukan? Bagi kamu yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan, biasanya dokter menganjurkan untuk menjalani isolasi mandiri. Penyebabnya yaitu kapasitas rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di beberapa wilayah yang masuk zona merah sudah hampir penuh. Jika kamu terkonfirmasi positif Covid-19 dan mengalami gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali, kamu masih bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Virus Covid-19 membutuhkan masa inkubasi sekitar 2-4 hari dan gejala akan muncul setelah 5-6 hari. Jika pasien yang terkonfirmasi positif Covid awalnya memiliki gejala ringan, namun pasien tersebut memiliki komorbid (penyakit penyerta) seperti penyakit jantung ataupun diabetes, maka kondisi pasien bisa bertambah parah.

Kapan harus ke dokter?

Gejala-gejala seperti batuk, demam, flu, hilangnya indera perasa dan penciuman, serta rasa nyeri di tubuh bisa menjadi indikasi awal terpapar Covid-19.  Jika gejala bertambah parah seperti sesak nafas dan saturasi oksigen di bawah 94 persen, segeralah ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan tes Covid.

Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 meskipun tanpa gejala disarankan tetap menjalani isolasi mandiri di rumah setelah berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Apabila ada keluarga yang melakukan kontak dengan pasien, sebaiknya juga melakukan tes Covid-19.

Isolasi mandiri di rumah

Saat kamu menjalani isolasi mandiri sebaiknya di ruang atau kamar yang terpisah dari anggota keluarga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan virus, terutama bagi mereka yang rentan tertular seperti anak-anak dan orang tua.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat isolasi mandiri:

  • Istirahat yang cukup
  • Berjemur di pagi hari selama 10-15 menit
  • Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak minum air hangat
  • Rutin minum vitamin agar imun tetap terjaga
  • Olahraga ringan selama isolasi mandiri
  • Buka jendela rumah untuk pergantian sirkulasi udara
  • Rajin mencuci tangan dan gunakan hand sanitizer

Tetaplah positive thinking saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan aktivitas atau hobi yang kamu sukai, seperti membaca buku, menonton film, menulis blog, ataupun berolahraga.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya