Pilihan Tempat Sunat Anak Di Rumah Khitan Surabaya

Rumah khitan Surabaya menjadi pilihan banyak orang tua untuk menjalani tindakan sunat. Tindakan sunat menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO bermanfaat untuk laki-laki, hal ini karena sunat bisa mengurangi risiko terjadinya HIV hingga 60%. Angka tersebut bisa menjadi acuan rekomendasi pada laki-laki untuk menjalani tindakan sunat. 

Melansir Healthline (2021), khitan adalah tindakan memotong kulit pada kepala bagian penis atau kulup. WHO merekomendasikan tindakan sunat pada laki-laki karena alasan kesehatan. Kulit bagian kulup pada penis yang tidak sunat bisa menyebabkan penyakit kelamin dan juga masalah pada saluran kencing untuk pria. Selain itu tindakan sunat juga bermanfaat untuk pria karena bisa menjaga kebersihan pada penis pria.

Sunat menurut pandangan agama 

Sunat anak laki-laki

Tindakan sunat ataupun sirkumsisi sering berkaitan dengan kebudayaan ataupun ajaran agama. Misalnya pada umat Islam, tindakan sunat menjadi salah satu bentuk ibadah. Pada anak laki-laki, sunat menjadi bentuk ibadah sebagai tanggung jawabnya terhadap agama. 

Sebenarnya dalam Al-Qur’an tidak ada anjuran spesifik yang mengharuskan seorang laki-laki untuk menjalani tindakan sunat. Namun dalam Al-Qur’an tertulis jika Nabi Muhammad SAW mengikuti salah satu ajaran Abraham yaitu menjalankan kewajiban sunat. 

Sementara itu dalam agama kristen tindakan sunat bukan merupakan ajaran yang wajib, meskipun Yesus menjalani sunat saat berumur 8 hari. Pada bangsa Yahudi, sunat akan mereka lakukan saat bayi berumur 8 hari. Kepercayaan Budha dan Hindu juga tidak mewajibkan pengikutnya terutama laki-laki untuk menjalankan tindakan sunat. 

Manfaat sunat untuk kesehatan 

WHO merekomendasikan tindakan sunat karena bermanfaat untuk kesehatan pria. Selain terbukti mencegah penyakit HIV atau AIDS sunat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti kanker penis. Tindakan medis sunat juga bisa menghindari pria akan risiko penyakit infeksi saluran kemih. 

Setelah seorang pria khitan, umumnya mereka akan merasa lebih bersih karena lebih mudah membersihkan area penis secara sederhana. Bagian kulup pada penis pria sering menjadi tempat berkumpulnya kuman. Pada beberapa kasus kuman yang terperangkap pada bagian kulit kulup bisa dengan mudah masuk ke bagian saluran kencing karena letaknya cukup berdekatan. Penyakit-penyakit yang biasanya muncul seperti infeksi, radang hingga iritasi pada penis. Karena memiliki dampak yang baik untuk kesehatan, sunat perlu dilakukan oleh dokter dan tenaga medis profesional. 

Sunat sebagai bentuk pengobatan

Melansir Mayo Clinic (2021), khitan bermanfaat untuk laki-laki karena bisa sebagai bentuk pengobatan. Seperti: 

  1. Fimosis, yaitu kondisi yang menyebabkan kulup penis menjadi kencang melekat pada kepala penis hingga tidak bisa kembali ke belakang pada kepala penis. 
  2. Parafimosis, yaitu kondisi ini menyebabkan kulup tidak bisa menarik kembali ke arah kepala penis sehingga menjepit bagian batang penis dan mengganggu aliran darah pada penis. 
  3. Balanopostitis, yaitu kondisi peradangan pada bagian kulup yang menyebabkan gatal, radang, perih dan juga penyempitan pada saluran kencing. 
  4. Preputial neoplasms, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit pada penis berlebihan dan juga robekan pada kulup. 
  5. Hypospadias epispadias, yaitu kondisi yang menyebabkan kelainan bentuk pada penis sehingga pria harus menjalani tindakan sunat. 

Sunat pada usia bayi lebih rendah risiko

Sunat memang sangat baik untuk laki-laki karena bisa bermanfaat untuk kesehatan. WHO merekomendasikan untuk tindakan sunat pada laki-laki saat anak baru lahir atau berumur 7 – 14 hari. Hal ini karena pada usia tersebut bayi belum bisa merasakan sakit dan juga trauma. Selain itu, pembuluh darah pada bayi juga masih cukup kecil sehingga menurunkan risiko pendarahan yang umumnya terjadi. 

Namun, orang tua tetap perlu berdiskusi dan juga melakukan konsultasi dengan dokter terkait usia yang ideal saat anak menjalani khitan. Saat ini konsultasi dengan dokter bisa lebih mudah dengan hadirnya rumah khitan Surabaya. Sebagai pelopor rumah sunat, rumah khitan Surabaya di Klinik Rumah Sunat dr. Mahdian menjadi pilihan terpercaya oleh orang tua. 

Terletak di Jl. Ngagel Jaya No. 38, Surabaya, Jawa Timur, Rumah Sunat dr. Mahdian hadir menjadi solusi tempat khitan anak. Silakan kunjungi website rumahsunatandrmahdian.com untuk informasi lebih lanjut dan program diskon menarik lainnya.

Picture of admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya