Perlukah Tes Swab Setelah Selesai Isolasi Mandiri? Cari Tahu Disini!

Masih banyak muncul pertanyaan apakah tes swab setelah isolasi mandiri perlu dilakukan? Isolasi mandiri adalah salah satu solusi dalam memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Seseorang yang terpapar virus tanpa gejala ataupun dengan gejala ringan sebaiknya melakukan isolasi mandiri selama 10 hari dari mulai dari gejala muncul dan tiga hari bebas gejala. Melansir dari kompas.com, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K), seorang dokter spesialis paru, mengungkapkan bahwa untuk orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid sebaiknya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Jadi, 14 hari itu adalah masa inkubasi virus. Jadi, perlukah tes swab setelah masa isolasi selesai?

Isolasi Mandiri

Setelah kamu melakukan tes swab PCR dengan hasil sampel positif, maka ada dua hal yang harus dilakukan. Apabila hasil positif dan tanpa gejala atau hanya bergejala ringan maka lakukan isolasi mandiri di rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, sebaliknya jika kamu bergejala berat, segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan intensif. Gejala berat pada orang dengan komorbid (penyakit penyerta) bisa sangat berbahaya hingga berisiko menyebabkan kematian. Oleh karena itu pasien dengan gejala berat tidak bisa hanya dengan isolasi mandiri di rumah.

Apakah Perlu Melakukan Tes Swab Ulang Setelah Isolasi Mandiri?

Setelah selesai menjalani isolasi mandiri selama 10-14 hari, kamu tidak perlu melakukan tes swab ulang apabila sudah tidak merasakan gejala apapun. Kamu juga sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan kontak dengan orang lain, namun dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mengapa tidak perlu lagi tes swab? Meskipun telah sembuh, masih ada sisa-sisa partikel virus dalam tubuh kita yang sudah tidak aktif atau tidak bisa lagi menular ke orang lain. Partikel virus yang telah mati ini masih berada di tubuh kita selama berminggu-minggu hingga tiga bulan sejak terinfeksi virus. Hal inilah yang mungkin bisa saja yang bisa menyebabkan hasil tes antigen atau PCR positif, padahal sebenarnya kamu sudah sembuh dan virus sudah tidak bisa menular lagi ke orang lain.

Bagaimana Jika Masih Bergejala?

Apabila kamu masih merasakan gejala dan sudah selesai masa isolasi mandiri, sebaiknya harus tetap di rumah untuk melanjutkan isolasi. Karena seharusnya setelah 14 hari masa isoman, kondisimu sudah membaik secara klinis atau tidak memiliki keluhan apapun. Jika kamu memiliki komorbid pun harus terkontrol. Jika tidak, kamu bisa melakukan tes ulang PCR untuk mengonfirmasi bahwa memang kamu sudah negatif atau masih positif Covid.

Sementara itu, jika tujuanmu adalah untuk mulai bekerja kembali atau melakukan perjalanan, maka kamu perlu melakukan tes swab PCR untuk memastikan bahwa hasil sampel kamu negatif dari Covid.

Nah, mulai sekarang tetap jaga kondisi tubuhmu dan jangan abaikan protokol kesehatan ya!

Picture of admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya