Cari Tahu Berapa Harga Tes Swab untuk Memastikan Kondisimu Tetap Sehat!

Mau tetap sehat selama pandemi? Coba yuk kita cari tahu berapa sih harga tes swab di Klinik dr. Mahdian saat ini? Swab test dilakukan dengan tujuan sebagai perlindungan awal diri dari virus SARS CoV-2 penyebab Covid-19. Hasil tes swab merupakan salah satu persyaratan dalam bepergian saat menggunakan moda transportasi udara, sehingga tes ini menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa kita sedang dalam kondisi yang sehat. Bagaimana prosedurnya dan berapa harga tes deteksi Covid ini? Yuk cek dulu di ulasan berikut.

Saat ini, kasus wabah virus Corona memang sudah mengalami penurunan, namun bukan berarti kita bisa terlena dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Belakangan, pemerintah memang gencar sekali dalam menerapkan 3T, yaitu testing, tracing dan treatment. Oleh karenanya, kasus Covid bisa segera teratasi secara bertahap. Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Indonesia adalah salah satu negara dengan risiko rendah penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid 19. Indonesia masuk dalam kategori ini karena sudah rendahnya risiko penularan virus di negara kita.

Pada awal pandemi, masyarakat sangat resah akan virus Corona karena sangat berbahaya dan memakan banyak korban jiwa, bukan hanya berskala nasional namun juga dalam skala internasional. Virus yang menyebar secara global ini membuat para ilmuwan menciptakan alat untuk mendeteksi keberadaan virus dalam tubuh. Hal ini juga merupakan upaya untuk bisa mencegah siklus penyebaran virus yang semakin meningkat. Selain tes deteksi Covid, pemerintah juga sempat menerapkan lockdown, social distancing, dan program vaksinasi yang saat ini tengah digencarkan. Namun, kini tes swab menjadi hal yang sangat mudah dilakukan sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penularan virus.

Apa itu Tes Swab?

Melansir dari mdanderson.org (11 Things to Know About Covid-19 Testing; 2020), tes swab adalah salah satu metode/ cara diagnosa yang bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan virus dalam tubuh seseorang. Cara tes swab untuk virus SARS-Cov2 ini adalah mengambil sampel lendir atau dahak dari rongga hidung bagian dalam dan tenggorokan (nasofaring). Dalam mengambil sampel, petugas kesehatan menggunakan alat stik panjang serupa cotton bud dan memasukkannya ke dalam hidung dan tenggorokan. Selanjutnya petugas kesehatan akan memasukkan sampel ke dalam wadah tertutup berbentuk tabung dan melakukan pengujian terhadap sampel. Setelah selesai, hasil swab akan keluar dan kamu akan segera mengetahui apakah kamu terkonfirmasi positif atau negatif Covid.

Jenis Tes Swab

Tes swab yang kita kenal sekarang ada tiga jenis, yaitu PCR, rapid antigen dan Molekuler Isotermal. PCR masih paling banyak menajdi pilihan tes karena memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dari antigen. Namun, hasil sampel PCR lebih lama karena pemeriksaannya di laboratorium sehingga harus melalui beberapa tahapan. Sementara itu, hasil sampel antigen hanya berkisar 15-20 menit. Swab antigen juga seringkali menunjukkan hasil positif palsu, maka setelah antigen biasanya ada tes lanjutan yaitu PCR untuk memastikan benar ada tidaknya virus dalam tubuh. Sementara itu, molekuler isotermal merupakan metode terbaru untuk deteksi Covid yang juga sangat cepat hanya 15 menit. Meskipun juga akurat, namun molekuler juga bisa menghasilkan positif atau negatif palsu. Maka dari itu, hingga kini swab PCR masih merupakan tes dengan standar emas karena sangat valid dan akurat.

Berapa Harganya?

Harga tes swab di Klinik dr. Mahdian sudah turun,lho. Klinik dr. Mahdian memiliki rangkaian tes deteksi Covid yang lengkap, mulai dari swab PCR, rapid antigen dan tes Molekuler Isotermal. Kami juga menyediakan layanan home care test untuk memudahkan kamu yang sedang tidak bisa keluar rumah atau masih cemas untuk melakukan tes di klinik.

Nah, mau tahu berapa harga tes swab di Klinik dr.Mahdian? Langsung aja cek harga tes Covid dengan mengunjungi website rumahsunatdrmahdian.com atau cek langsung harga tes swab di Instagram @klinikdrmahdian.

Yuk, segera daftar untuk tetap sehat dengan tes Covid dengan hasil yang akurat, hanya di Klinik dr. Mahdian!

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya