Perawatan Pasca Sunat Gemuk, Ternyata Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan!

sunat gemuk

Perawatan pasca sunat gemuk menjadi salah satu hal yang perlu orangtua perhatikan agar luka sunat dapat sembuh dengan baik. Biasanya, dokter atau perawat akan memberikan penjelasan secara detail bagaimana melakukan perawatan pasca sunat gemuk. Mulai dari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Nah, bagi anaknya yang baru saja menjalani sunat gemuk, ada beberapa hal yang penting untuk Ayah Bunda ketahui untuk melakukan perawatan pasca sunat  gemuk. Tujuan dari perawatan pasca-sunat anak gemuk ini adalah agar pemulihan dan penyembuhannya bisa dilakukan dengan cepat. Apa sajakah hal penting tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Tips Perawatan Pasca Sunat Gemuk

Memberikan perawatan dengan tepat setelah sunat atau khitan bukan hanya akan mempercepat proses penyembuhan luka namun juga membantu menghindari kemungkinan terjadinya infeksi dan komplikasi lain yang tidak diinginkan.

Setelah sunat, dokter biasanya akan mengarahkan agar anak cukup beristirahat di rumah dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat yang melelahkan.

Minum Obat Sesuai Resep Dokter

Setelah efek anastesi habis, ada kemungkinan anak akan merasa tidak nyaman akibat munculnya rasa nyeri pada area penis. Hal ini sebenarnya normal untuk terjadi.  Tapi, Ayah Bunda tidak perlu khawatir karena dokter pastinya sudah memberikan resep obat pereda nyeri untuk meredakan keluhan ini. Ikutilah anjuran dan petunjuk dari dokter untuk mengonsumi obat-obat pereda nyeri setelah sunat tersebut. Namun, jika nyeri yang muncul tak kunjung hilang setelah meminum obat, segera konsultasikan dengan dokter kembali.

Baca Juga: Apa Itu Sunat Gemuk

Memberikan Waktu untuk Beristirahat

Meskipun teknologi saat ini sudah semakin modern sehingga anak pun setelah sunat bisa langsung beraktivitas, namun orangtua juga perlu memberikannya waktu untuk beristirahat. Hindari dulu melakukan kegiatan berat. Durasi tidur anakpun harus cukup sesuai dengan usianya yang juga bisa membantu anak terhindari dari masalah kesehatan dan mood yang buruk.

Menjaga Kebersihan Penis

Perawatan pasca sunat gemuk selanjutnya adalah menjaga kebersihan area penis. Bersihkan area sekitar penis menggunakan air hangat secara perlahan hingga bersih. Tidak perlu menggunakan sabun dulu. Kemudian keringkan menggunakan handuk lembut dengan cara menepuknya secara pelan dan jangan menggosoknya.

Gunakan Celana Longgar atau Celana Sunat

Gunakan celana longgar atau celana sunat dan hindari dari menggunakan celana yang terlalu ketat. Selain bersifat menekan, menggunakan celana yang ketat juga akan membuat anak merasa nyeri akibat luka yang belum pulih total. Sirkulasi darah juga tidak lancar dengan celana yang terlalu ketat. Akibatnya penyembuhan menjadi lebih lama.

Hindari Makanan yang Menyebabkan Alergi

Jika anak memiliki alergi makanan atau obat tertentu sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan anak alergi. Jika anak alergi, ia akan merasa tidak nyaman seperti akibat munculnya rasa gatal pada bagian tubuh yang memungkinkan membuat anak menggaruk. Khawatir, jika nantinya anak akan menggaruk area luka pascasunat.

Lakukan Kontrol Pasca Sunat

Terakhir adalah melakukan kontrol pasca sunat gemuk. Biasanya dokter sudah memberikan jadwal kapan waktunya untuk melakukan kontrol, umumnya 5-7 hari setelah sunat. Tujuannya adalah agar dokter bisa memantau sejauh mana proses penyembuhannya. Kontrol ini sangat penting untuk menghindari risiko komplikasi pascasunat yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Hasil Sunat Gemuk Ternyata Bisa Juga Gagal

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya