Pentingnya Vaksin Covid-19 Saat Pandemi

Pentingnya vaksin Covid-19 di saat pandemi adalah untuk mencegah peningkatan risiko penyebaran virus. Tahukah kamu bagaimana efektifitasnya? Nah, bagi kamu yang belum mendapatkan vaksinasi, sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk divaksin Covid-19. Apalagi jika kamu termasuk orang-orang yang berisiko tinggi terpapar virus Covid-19, maka kamu perlu segera mendapatkan vaksin.

Pandemi belum juga berakhir. Namun, kamu tahu nggak sih kalau saat ini kita sedang berada di era new normal. Mobilitas masyarakat seakan tidak pernah redup. Kita tetap melakukan aktivitas seperti biasa, bekerja, bertemu dengan kerabat ataupun teman, bahkan pergi keluar kota untuk liburan. Meskipun semua aktivitas yang kita lakukan tetap dalam batasan dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai standar. 

Bagaimana cara menekan angka kasus Covid-19?

Untuk menekan angka kasus penularan Covid-19 yang terus bertambah, negara-negara di dunia telah memberikan vaksin kepada warga negaranya, tak terkecuali Indonesia. Pemerintah pun mulai memberikan vaksin Covid-19 secara menyeluruh.

Namun, ada sebagian orang yang tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi, antara lain anak-anak  dan remaja di bawah usia 18 tahun serta orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti, hipertensi, asma ataupun diabetes.

Manfaat vaksin Covid-19

Vaksinasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk menurunkan risiko penyebaran virus Covid-19. Tujuan vaksinasi Covid-19 yaitu untuk membangun sistem kekebalan tubuh pada diri seseorang sehingga mampu melawan virus penyebab penyakit Covid-19. Dengan pemberian vaksin ini, tentunya kita semua berharap akan menurunnya angka kasus penyakit dan kematian akibat virus Covid-19.

Selain itu, manfaat dari vaksin Covid-19 ini adalah untuk membantu terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok). Dengan terbentuknya kekebalan tersebut, maka risiko penularan virus lebih kecil. Hal ini menyebabkan mata rantai virus terputus  sehingga mengurangi penularan terhadap kelompok lain.

Meski tidak 100% mampu mencegah seseorang dari terkena infeksi virus, namun vaksin bisa mengurangi gejala berat dan terjadinya komplikasi pada penderita.

Efek samping vaksin Covid-19

Setelah divaksin, biasanya kita akan merasakan efek samping dari vaksin. Gejalanya antara lain nyeri pada lengan, demam, lemas, sakit kepala bahkan mual. Hal ini merupakan hal yang wajar karena vaksin sedang bekerja membangun sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus.

Kamu tidak perlu khawatir karena biasanya gejalanya akan hilang dalam waktu kurang lebih 2 atau 3 hari.

Yang perlu kamu ketahui, sebelum vaksin usahakan beristirahat secukupnya, konsumsi makanan bergizi seimbang dan hindari kelelahan yang berlebihan. Sehingga ketika kamu divaksin tubuh kamu sedang dalam kondisi sehat.

Jika kamu mengalami efek samping setelah vaksin, maka segeralah beristirahatlah dan minum pereda nyeri serta perbanyak asupan cairan untuk tubuhmu.

Jadi, kamu sudah tahu kan pentingnya vaksin Covid-19 saat pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, tetaplah menjaga daya tahan tubuh dan lakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya