Mengapa Harga Tes Antigen Lebih Murah Dibanding PCR?

Harga tes antigen lebih murah dari PCR karena berbeda dalam proses pemeriksaannya. Antigen tidak memerlukan laboratorium seperti PCR untuk mengidentifikasi virus SARS-CoV-2, sedangkan PCR harus melewati beberapa tahapan dalam memeriksa sampel. Meskipun melewati proses yang lama, PCR dinilai lebih akurat dari tes antigen. Hal inilah yang menyebabkan harga tes antigen lebih murah dari PCR.

Jika kamu berencana untuk bepergian atau mungkin ada kontak erat dengan seseorang yang terkonfirmasi positif Covid, sebaiknya lakukan tes deteksi dini Covid. Agar mengetahui lebih cepat, kamu bisa melakukan tes rapid antigen karena prosesnya mudah dan hasil cepat. Antigen memang tidak seakurat PCR, maka dari itu apabila hasilnya positif, terutama jika bergejala, segera lakukan tes lanjutan PCR.

Rapid Antigen dan PCR

Rapid antigen test

Tes antigen dan PCR sebenarnya hampir sama namun memiliki cara kerja yang berbeda. Antigen mengidentifikasi protein yang terdapat di bagian luar virus untuk melihat keberadaan patogen, sedangkan PCR mendeteksi keberadaan material genetik RNA dari virus. Melalui teknik amplifikasi, RNA kemudian diubah menjadi DNA untuk mengidentifikasi bagian terkecil dari virus yang akan mendiagnosa penyakit Covid-19.

Kedua tes ini juga mengambil sampel lendir menggunakan teknik swab atau usap dari rongga hidung bagian dalam.

Rapid antigen bekerja dengan mencampurkan sampel dengan cairan khusus yang bisa memunculkan protein tertentu yang terdapat di virus. Percampuran ini bertujuan untuk mengikat protein-protein dalam virus guna mendiagnosa Covid. Tes ini tidak membutuhkan laboratorium untuk memeriksa sampel dan hasilnya bisa keluar hanya dalam waktu 15-30 menit. Hasil ini terkadang bisa juga tidak akurat dan menunjukkan hasil negatif palsu, terutama jika virus yang terdapat di tubuh seseorang dalam jumlah yang sedikit.

Berbeda dengan PCR yang memerlukan laboratorium untuk pemeriksaan sampel. Petugas kesehatan akan mengirim sampel ke lab yang kemudian melalui proses pemanasan dan pendinginan menggunakan reagen khusus untuk mengubah RNA menjadi DNA. Teknik ini bernama amplifikasi yang mampu menciptakan jutaan partikel DNA yang selanjutnya bisa mengidentifikasi keberadaan virus. Prosesnya memakan waktu berjam-jam dan memerlukan peralatan lab yang canggih. Maka dari itu, hasil dari PCR lebih akurat dari antigen hingga mencapai hampir 100% .

Mengapa Harga Tes Antigen Lebih Murah dari PCR?

Sensitivitas dan spesifisitas PCR lebih tinggi dari antigen, sehingga memiliki standar emas untuk tes Covid karena keduanya sangat berpengaruh pada hasil tes. Secara umum, tes dengan sensitivitas yang tinggi memiliki risiko kecil untuk hasil negatif palsu, sedangkan spesifisitas yang tinggi memiliki risiko negatif palsu jika sensitivitas tesnya rendah.

Hal-hal tersebut di atas yang menyebabkan adanya perbedaan harga antigen dan PCR. Di Klinik dr. Mahdian, kamu bisa melakukan tes Covid dengan hasil akurat dan harga yang terjangkau. Harga tes antigen mulai dari Rp89 ribu,- untuk online test, sementara homecare test yaitu berkisar Rp189 ribu,-

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya