Solusi Mencari Tempat Khitan Ramah Anak 

Tempat khitan merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan khitan pada anak. Selain itu, mencari tempat khitan yang menyenangkan dan ramah anak juga bisa menjadi solusi bagi Ayah Bunda yang masih kesulitan mengajak anak untuk khitan. Hal ini karena, khitan/sunat sendiri sangat identik dengan kata “menyeramkan” bagi sebagian anak. Itulah mengapa beberapa anak enggan untuk melakukan sunat. Padahal, mengutip dari Boston Children’s Hospital menyebutkan bahwa, waktu terbaik untuk melakukan sunat adalah ketika anak masih bayi atau umur 1 tahun karena proses penyembuhannya lebih cepat. Oleh karena itu, sebaiknya semakin cepat sunat dilakukan semakin baik dan semakin cepat proses penyembuhan sunat pada anak. 

Cara membujuk anak agar mau untuk khitan

Khitan atau sunat merupakan tindakan medis untuk menghilangkan sebagian kulit yang ada pada kulup (kepala penis). Meskipun erat kaitannya dengan ritual keagamaan, namun sunat sendiri memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak melakukan sunat pada anak. Salah satu halangan terbesar Ayah Bunda untuk menyunatkan anak adalah karena anak masih takut atau enggan melakukannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk membujuk anak agar mau sunat, di antaranya: 

  • Memberikan edukasi tentang sunat pada anak 

Pendekatan secara personal pada anak penting untuk Ayah Bunda lakukan. Cobalah berikan pengertian pada anak mengenai sunat. Sebutkan pentingnya sunat, manfaat sunat, dan berikan pengertian bahwa sunat tidak begitu menyeramkan. Selain itu, cobalah beri pemahaman bawah hampir semua sosok lelaki yang ada di keluarga pernah melakukan sunat, contohnya adalah Ayah, Kakak, Paman, dan lainnya. 

  • Berikan imbalan 

Meskipun tak baik untuk sering Ayah Bunda lakukan. Namun, tips ini sangat efektif untuk membujuk anak. Selain itu, pada saat musim sunat (bulan libur sekolah) biasanya Rumah Sunat dr.Mahdian akan mengadakan festival sunat, di mana ada banyak hadiah bagi anak yang melakukan sunat dan mengikuti kontes foto. Dengan begitu, anak akan lebih termotivasi untuk segera melakukan sunat. 

  • Perlihatkan video atau foto proses sunat yang menyenangkan 

Hal seperti ini juga biasanya sangat efektif untuk menghapus kesan seram dari sunat. Perlihatkanlah video testimonial dari sunat anak di kanal Youtube Rumah Sunat dr.Mahdian. Tindakan sambil menonton VR, bermain tab, menunggu sunat di ruang bermain, tentu akan membantu anak untuk lebih yakin untuk segera melakukan sunat. 

Memilih metode dan tempat khitan yang tepat bagi anak 

Selain membujuk anak agar mau untuk sunat, Ayah Bunda juga perlu melakukan riset mengenai metode sunat dan tempat sunat yang tepat bagi anak. Ketahuilah bahwa saat ini sudah hadir berbagai macam metode sunat modern. Oleh karena itu, ketahui risiko dan kelebihannya, pilihlah yang menurut Ayah Bunda paling baik dan tepat bagi anak. Salah satu metode sunat modern yang paling unggul hingga saat ini di antaranya adalah: 

  • Mahdian Klem 

Metode ini merupaka salah satu metode sunat yang direkomendasikan oleh WHO, karena dapat meminimalisir risiko, perdarahan, hingga rasa nyeri. Tindakan cukup cepat yaitu sekitar 10-15 menit, setelah sunat bisa langsung beraktivitas seperti biasa. 

  • dr.M Optical Maser 

Salah satu metode paling anyar di dunia medis Indonesia dan hanya tersedia satu-satunya di klinik Rumah Sunat dr.Mahdian ini merupakan metode modern paling unggul. Membutuhkan tindakan hanya 3 menit, memotong kulit kulup dengan presisi, hingga mampu meminimalisir risiko komplikasi, nyeri, bahkan perdarahan.

Baca juga: Pelopor Sunat Gemuk di Jakarta

Kelebihan Rumah Sunat dr.Mahdian 

Ada banyak kelebihan dari Rumah Sunat dr.Mahdian, salah satunya adalah ruang tindakan ramah anak. Sehingga, membuat anak lebih nyaman dan tenang ketika tindakan. Selain itu, Rumah Sunat dr.Mahdian juga menyediakan ruang bermain, VR, dan juga tab di setiap kliniknya. Dengan adanya fasilitas ini, tak hanya dapat memperlancar proses sunat, akan tetapi juga dapat membuat Ayah Bunda lebih mudah untuk membujuk anak agar mau sunat. 

Picture of admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya