Bunda, Khitan Pada Anak Gemuk Ternyata Berbeda dengan Khitan Biasa!

Khitan pada anak gemuk berbeda dengan khitan pada anak umumnya. Hal ini karena, kondisi berat badan anak ternyata dapat berpengaruh terhadap karakteristik penis dari anak. Beberapa anak dengan bobot tubuh yang lebih berat dari anak umumnya, memiliki penis yang tenggelam (burried penis) hingga mikropenis (kondisi penis yang kecil). Saat anak memiliki salah satu kondisi masalah penis di atas. Maka, prosedur saat khitan pun akan berbeda dan lebih kompleks. Namun, mengutip dari London Circumcision Center (2020) menyebutkan bahwa, anak dengan kondisi penis tenggelam dan mikro penis masih bisa untuk melakukan khitan. Namun, tentu saja dengan prosedur khusus dan dilakukan oleh dokter bedah. 

Cara mendeteksi penis tenggelam atau mikropenis pada anak 

Burried penis dan mikropenis adalah dua kondisi penis yang sering terjadi pada anak dengan berat badan berlebih. Namun, keduanya sangatlah berbeda. Mengutip dari Cleveland Clinic (2020) menyebutkan bahwa, burried penis merupakan kondisi di mana penis tertutupi oleh kulit lemak di area perut, paha, maupun oleh kulit di area skrotum (akibat pembengkakan). Berbeda dengan mikropenis, di mana merupakan kondisi saat seseorang memiliki ukuran penis yang lebih kecil dari rata-rata anak pada umumnya. Biasanya, anak yang memiliki ukuran penis di bawah 2,5 cm masuk ke dalam kategori mikropenis ini. Berbeda dengan burried penis (penis tenggelam) di mana anak sebenarnya memiliki penis yang berukuran normal. 

Nah, selain pada ukuran, anak dengan burried penis juga biasanya mengalami permasalahan seperti: 

  • Saat anak melakukan buang air kecil berdiri, air seni selalu jatuh mengalir pada paha atau area skrotum 
  • Pada yang tak melakukan sunat, anak dengan burried penis sangat rentan mengalami infeksi kandung kemih karena kulit di area penis yang selalu lembab 
  • Selain itu, kulit kulup juga berisiko mengalami peradangan (bagi yang tak sunat). 

Baca Juga: Penis Gemuk Bukan Berarti Penis Kecil, Yuk Simak Perbedannya!

Prosedur khitan pada anak gemuk 

Dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS menyebutkan bahwa, anak yang akan melakukan dengan kondisi penis tenggelam atau mikropenis harus ditangani oleh ahli medis professional dan berpengalaman. Karena, jika penanganannya tak tepat maka anak seringkali harus melakukan sunat revisi karena kulit sunat biasanya akan kulup kembali. Salah satu prosedur sunat anak gemuk yang banyak beberapa tempat lakukan adalah dengan terapi hormon. Namun, sayangnya hal ini akan membuat anak lebih cepat mengalami pubertas dan sangat berisiko menganggu masa pertumbuhan anak. Selain itu, beberapa tempat sunat juga menggunakan terapi diet untuk menangani sunat pada anak gemuk. Namun, terapi tersebut membuat anak tak nyaman dan kadang tidak efektif. 

Nah, Ayah Bunda sebagai solusi permasalahan khitan pada anak gemuk, hadirlah layanan Sunat Anak Gemuk di Rumah Sunat dr.Mahdian. 

Baca juga: Berapa Biaya Sunat di Rumah Sunat dr.Mahdian Jakarta Pusat?

Layanan sunat gemuk di Rumah Sunat dr.Mahdian 

Khitan pada anak gemuk di Rumah Sunat dr.Mahdian bisa Ayah Bunda lakukan tanpa harus terapi hormon ataupun terapi diet. Karena, menggunakan metode khusus dan ditangani oleh dokter spesialis bedah professional dan berpengalaman dalam menyunatkan anak gemuk. Selain itu, layanan sunat ini juga minim risiko dan minim perdarahan karena menggunakan teknik khusus. Sehingga, Ayah Bunda tak perlu khawatir soal kenyamanannya ya. Karena, anak gemuk bukanlah halangan untuk tetap menjalankan sunat dengan nyaman dan aman.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya