Ini Dia Ciri Luka Sunat Sembuh yang Harus Bunda Ketahui

cara melepas tabung klamp

Mengetahui seperti apa ciri ciri luka sunat yang mau sembuh adalah hal penting yang harus Bunda perhatikan ya. Sebab, luka sunat yang tidak kunjung sembuh bisa menandakan jika penis si kecil terkena infeksi. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatannya, sehingga orangtua harus melakukan perawatan yang tepat untuk membantu proses penyembuhannya. Lantas, apa saja ciri-ciri luka sunat mau sembuh? Yuk, cari tahu jawabannya di ulasan berikut.

Fase Penyembuhan

Sunat merupakan tindakan bedah yang bertujuan untuk membuang atau menghilangkan kulit yang menempel di ujung kepala penis (glans). Setelah tindakan biasanya akan ada bekas luka sunat yang membutuhkan waktu untuk sembuh. Ada beberapa fase penyembuhan yang perlu Bunda ketahui, antara lain:

•  Fase awal

Pada tahap awal ini, biasanya si kecil akan merasakan ketidaknyamanan pada penisnya. Penis mungkin membengkak dan timbul rasa nyeri.  Bahkan, pada beberapa kasus terjadi pendarahan di penis. Namun, kondisi ini sangat wajar dan umumnya akan sembuh dalam beberapa hari.

•  Fase pengeringan

Pada fase pengeringan luka, penis akan mulai mengering, namun terkadang luka akan sediki berair. Yang harus Bunda perhatikan adalah jika penis bernanah, segera bawa si kecil ke dokter karena hal ini bisa mengindikasikan telah terjadi infeksi pada luka sunat.

•  Fase pemulihan

Di fase pemulihan, biasanya luka sunat akan mengering dan penis terlihat mulai bersih. Hal ini menandakan bahwa luka sunat telah sembuh. Namun, pada kasus tertentu timbul keloid pada proses penyembuhan luka. Keloid sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi bisa menyebabkan gangguan penetrasi saat berhubungan intim.

Ciri Luka Sunat Sembuh

Luka sunat akan sembuh secara bertahap dan biasanya membutuhkan waktu 5-7 hari untuk sembuh total. Namun, proses penyembuhannya tergantung pada kondisi pasien dan metode sunat yang digunakan. Jika menggunakan sunat laser yaitu Dr.M Optical Maser, maka waktu penyembuhannya lebih cepat. Sebab, Optical Maser merupakan metode sunat dengan teknologi canggih yang lebih minim risiko, sehingga luka sunat lebih cepat sembuh dan anak bisa beraktivitas seperti biasa.

Berikut adalah beberapa tanda luka sunat yang mau sembuh, antara lain:

•  Perubahan pada warna penis. Bagian ujung kepala penis biasanya akan berwarna merah atau keunguan. Hal ini terjadi karena kulup penis terbuka dan menebal.

•  Perubahan ukuran. Kondisi berubahnya ukuran penis menjadi mengecil adalah hal yang normal. Sebab sebelum sunat penis lebih menegang, dan setelah sunat penis lebih rileks.

•  Berhentinya perdarahan. Pada saat sunat, penis akan mengeluarkan beberapa tetes darah atau saat luka sunat tak sengaja tersenggol atau tergesek. Namun, perdarahan ringan ini akan berhenti dalam hitungan menit ketika ujung kulup penis menutup dengan sendirinya.

•  Pembengkakan berkurang. Penis mungkin akan terlihat membengkak atau lecet. Namun, kondisi ini akan membaik dan bengkak hilang dalam beberapa hari.

Luka sunat sebenarnya bisa sembuh sendiri apabila merawatnya dengan cara yang tepat. Lakukan kontrol pasca sunat ke dokter untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya. Dengan kontrol, dokter juga akan lebih mudah memantau kondisi anak sehingga bisa mencegah risiko komplikasi pasca sunat. Jika si kecil merasa kesakitan, Bunda bisa memberikannya obat pereda nyeri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sunat dan metodenya, Bunda bisa menghubungi Customer Relation Officer Rumah Sunat dr. Mahdian pada nomor kontak yang tertera. Atau bisa juga datang langsung ke cabang klinik kami dengan klik di sini.  

Baca juga: Perawatan Sunat Laser Saat Terjadi Perdarahan

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya