Cara Membujuk Anak Agar Berani Sunat

Moms, tahu nggak gimana cara membujuk anak agar berani disunat? Kalau ditanya tentang sunat, sudah pasti anak-anak langsung ketakutan. “Aku nggak mau sunat Ma, sunat tuh pasti sakit banget deh udahannya.” Mungkin itu adalah sebagian dari alasan anak-anak yang masih saja enggan untuk disunat.  Bayangan-bayangan tentang sunat yang terus ada di dalam kepala mereka sudah tentu membuat mereka semakin takut untuk disunat. Seringkali orang tua tidak tahu cara membujuk anaknya agar mau untuk sunat. Pernah nih anakku yang berumur 6 tahun, Rangga namanya, sempat bertanya, “Ma temen Rangga udah sunat, emang sunat itu apa sih?” Katanya habis dsunat temen Rangga itu kesakitan. Sebagai orang tua tentunya kita harus paham dulu nih tentang sunat dan apa saja sih manfaat sunat agar anak bisa mengerti ketika kita menjelaskan hal tersebut kepada anak. Setelah menjelaskan ke Rangga tentang sunat, meskipun tentu saja dia tetap dengan rengekan dan alasannya nggak mau sunat, tapi akhirnya saya berhasil membujuknya. Wah, kok bisa sih? Gimana caranya ya? Nah, saya mau kasih tipsnya nih Moms bagaimana supaya anak berani untuk disunat.

Tips Membujuk Anak Agar Mau Sunat

Setelah saya ngobrol-ngobrol ringan dengan anak saya si Rangga, dia masih tetap nggak percaya kalau dokter itu baik. Lucunya dia tetap penasaran tentang sunat ini. Menurut sepengetahuan Rangga, dokter yang akan menyunat itu identik sama suntik, operasi, dan rumah sakit. Setelah itu saya tentunya nggak menyerah donk buat tetap meyakinkan dia kalau sunat itu ga sakit kok, bisa bikin Rangga nyaman karena nanti akan banyak hadiah setelah sunat. Saya bilang dokter Rangga nantinya itu seperti Superhero favoritnya dia. Wah, langsung donk dia happy banget mau ketemu sama Dokter Superhero-nya. Rangga sempat minta hadiah lainnya juga setelah sunat. Saya berharap sih dia mengerti ya kalau hadiah yang nanti saya berikan itu adalah sebagai reward karena sudah mau untuk sunat. Sebelum kami berangkat ke tempat sunat, saya juga membelikan Rangga mobil-mobilan nih Moms. Rangga suka sekali dengan Hot Wheels dan Thomas the Train. Jadi supaya dia bisa lebih rileks sebelum ke tempat sunat, saya biarkan dia bermain-main dulu dengan mainannya.

Rumah Sunat dr Mahdian

Saya membawa Rangga ke Rumah Sunat dr. Mahdian yang berlokasi di Cibubur. Rumah Sunat dr Mahdian juga tersebar di beberapa wilayah di Jakarta. Kenapa saya memilih Rumah Sunat dr Mahdian? Rumah Sunat dr Mahdian ini menggunakan metode modern dan sekali pakai nih Moms. Dengan menerapkan konsep seperti di rumah, rumah sunatan ini juga dilengkapi dengan taman bermain dan dekorasi ruang yang penuh warna. Tujuannya tentu saja agar anak-anak tetap bisa merasa nyaman ketika dokter akan melakukan prosedur sunat. Jadi, nggak ada lagi tuh yang namanya sunat menyeramkan buat mereka. Malah bisa jadi menyenangkan donk.

Setelah Sunat

“Ma, udah selesai ya? Kok nggak sakit ya Ma? Liat deh Rangga aja langsung bisa jalan kan, trus dokter yang tadi itu baik banget ajak Rangga cerita-cerita tentang tokoh Superhero kesukaan Rangga.” Wah, gimana nggak ikut seneng ya Moms dengernya. Alhamdulillah, prosedur sunat Rangga berjalan lancar dan semua aman, si jagoan juga nyaman nih Moms. Meskipun setelahnya dia tetap minta hadiah mainan yang sudah saya janjikan sebelumnya. Akhirnya saya memberikan dia hadiah mainan lagi. Kali ini saya memberikan dia LEGO. Rangga suka sekali dengan LEGO. Siapa sih yang tidak kenal dengan LEGO? Sedikit cerita tentang LEGO nih Moms. Mainan dengan bentuk balok yang berasal dari Denmark ini ditemukan oleh Ole Kirk Christiansen pada abad ke-20. Nama LEGO awalnya yaitu dari Bahasa Denmark, leg godt yang artinya bermain dengan baik. LEGO bisa menjadi mainan edukatif untuk anak-anak. Ketika anak bemain LEGO, mereka harus menyusun balok-balok kecil tersebut menjadi sebuah bentuk yang sesuai. Dengan bermain lego anak bisa mengembangkan cara berpikir, melatih motoriknya, dan tentu saja bisa membantu anak menambah kecerdasannya. Setelah bahas tentang LEGO, saya mau cerita lagi tentang Rangga ya Moms. Setelah saya berikan hadiah sunat LEGO, tentunya Rangga makin happy donk. Meskipun dia sempat menangis karena saya nggak beliin action figure favoritnya, tapi hari ini dia sudah punya tiga mainan yang dia inginkan. Nah, itu tadi sedikit cerita pengalaman saya tentang sunat Rangga ya Moms. Jadi, jangan ragu lagi kalau mau menyunatkan anak, karena banyak caranya kok. Selain mainan, mama juga bisa memberikan hadiah atau makanan yang memang anak suka. Jangan lupa konsultasi terlebih dahulu  dengan dokter dan diskusikan dulu dengan anak supaya proses sunat berjalan lancar. Anak nyaman, mama senang donk tentunyaJ
admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya