Bahan Celana Khitan Anak yang Nyaman

Bahan celana khitan anak yang nyaman harus terbuat dari kain katun yang mudah menyerap keringat dan nyaman di kulit. Orangtua perlu cermat dalam memilih celana sunat anak, dan sebaiknya tidak terlalu cepat tergiur dengan harga yang murah. Orangtua perlu memastikan apakah celana khitan akan membuat sang buah hati merasa nyaman atau sebaliknya.

Celana khitan menjadi salah satu hal yang sangat anak butuhkan pasca-khitan. Tujuan penggunaannya adalah untuk membantu melindungi luka khitan atau sunat dari berbagai risiko komplikasi yang kemungkinan dapat terjadi.

Celana ini sangat berguna untuk anak yang baru sunat karena dengan memakainya, maka akan membantu untuk melindungi luka sunat dari gesekan saat mengenakan sarung ataupun celana. Anak akan merasa lebih nyaman. Celana ini memiliki pelindung (batok) yang terbuat dari spons sehingga ringan dan aman untuk digunakan.

Manfaat Celana Khitan untuk Anak

  • Membantu menjaga proses penyembuhan luka secara lebih baik.
  • Membantu menghindari kontak antara mr.P dengan kain atau benda lainnya yang dapat menyebabkan risiko nyeri atau trauma pascasunat.
  • Membantu anak beraktivitas secara normal dengan aman dan nyaman.
  • Celana sunat umumnya menggunakan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik sehingga membantu mengurangi lembab pada area genital.

Apabila kondisi mr.P lembab, ada kemungkinan akan memunculkan rasa gatal yang tidak nyaman dan dapat menyebabkan anak secara tidak sadar menggaruknya. Lebih lanjut, akan ada kemungkinan risiko infeksi terjadi.

Celana khitan tersedia dalam berbagai ukuran, jadi tak perlu khawatir. Selain itu, juga mudah untuk mencucinya.

Tips Memilih Celana Khitan Anak

Selain harus teliti untuk memilih bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat, ada beberapa tips untuk memilih celana khitan yang tepat untuk anak, antara lain:

Pilih model tempurung pelindung yang tepat

Terdapat dua bentuk tempurung pelindung. Bentuk tempurung pelindung yang pertama mirip dengan bola terbelah, dan bentuk model yang kedua adalah lonjong dan mirip helm sepeda gunung. Karena bentuknya yang berbeda, maka memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. 

Pada tempurung yang berbentuk bola terbelah cenderung kaku sehingga tidak mudah kempes serta menawarkan ruang gerak pada penis yang lebih luas. Namun model tempurung pelindung berbentuk bola setengah cenderung berukuran besar dan memakan ruang yang lebih luas. Karena hal ini, gerak anak saat menggunakannya  dengan pelindung berbentuk seperti bola akan lebih terbatas. 

Sementara itu, model pelindung berbentuk lonjong, bisa membuat penampilan sang buah hati lebih rapi seperti tidak menjalani sunat. Pada model ini, umumnya lebih lentur sehingga anak akan merasa lebih nyaman bergerak. Karena hal inilah maka bekas luka bisa lebih cepat sembuh daripada menggunakan pelindung yang bulat. 

Pilih tempurung pelindung yang memiliki ventilasi memadai

Setelah memilih bentuk pelindung, orang tua juga perlu cermat dalam melihat jumlah ventilasi yang memadai. Lubang ventilasi bermanfaat sebagai tempat keluar masuknya udara dan sangat berpengaruh pada kelembaban suhu pada area penis anak. Jika jumlah ventilasi pada celana sunat anak cukup memadai, maka luka sunat bisa lebih cepat sembuh. 

Hal ini bisa terbalik jika orang tua tidak memilih dengan ventilasi yang cukup. Akibatnya penis bisa menjadi lembab dan berisiko tumbuhnya bakteri atau jamur pada area penis setelah sunat. 

Ukuran yang tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli, baiknya orang tua mengukur pinggang dan paha anak. Pilih celana sunat dengan ukuran yang sesuai dan juga nyaman untuk anak. Usahakan jangan terlalu besar dan jangan terlalu sempit karena bisa menghambat sirkulasi pada aliran darah sehingga malah memperlambat proses penyembuhan.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya