Mengatasi Bengkak Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Mengatasi bengkak setelah sunat agar cepat sembuh bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setelah sunat biasanya membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari agar luka sunat cepat kering dan sembuh. Namun, ada kalanya timbul kemerahan dan peradangan pada penis. Sebenarnya hal ini normal, karena sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. Akan tetapi, jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan infeksi yang berbahaya pada penis. Nah, bagaimana cara mengatasi bengkak pasca sunat? Yuk, simak informasi berikut.

Sunat pada anak menggunakan metode yang berbeda sesuai dengan usia anak dan kondisi kesehatannya. Untuk sunat gemuk ada metode khusus yang digunakan karena anak bertubuh gemuk memiliki tingkat kesulitannya sendiri dalam proses sunat. Pada bayi baru lahir atau anak yang berusia kurang dari satu tahun umumnya akan lebih cepat pulih dari anak yang berusia lebih tua saat disunat.

Ada baiknya sebelum sunat Ayah Bunda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini karena setiap anak memiliki kondisi yang berbeda, sehingga penanganan untuk tindakan sunat pun pasti berbeda. Waktu anak untuk sunat pun perlu pertimbangan dan kesiapan dari masing-masing anak. Jadi, sebaiknya tidak memaksa si Kecil untuk sunat karena hanya akan menimbulkan trauma pada dirinya.

Setelah sunat, biasanya anak akan merasakan nyeri dan bengkak pada area penis. Hal ini wajar terjadi, namun jika timbul gejala parah lainnya maka harus segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Gejala Pembengkakan pada Penis

Pembengkakan pada penis pasca sunat

Bengkak pasca sunat bisa terjadi karena beberapa hal. Biasanya timbul gejala-gejala yang menyertai, seperti:

  • Demam ringan yang membaik dengan sendirinya
  • Muncul gelembung cairan di area luka sunat
  • Terjadi peradangan pada luka bekas sunat
  • Rasa nyeri dan perih pada area penis
  • Adanya lapisan putih kekuningan pada kepala penis beberapa hari pasca sunat, namun lapisan ini bukanlah nanah atau infeksi

Mengatasi Bengkak Setelah Sunat

Sebenarnya bengkak setelah sunat adalah hal yang umum terjadi. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk membantu proses pemulihan luka pasca sunat. Bengkak bisa sembuh dengan sendirinya seiring waktu jika perawatannya dengan cara yang benar.

Berikut ini adalah tips perawatan untuk mengatasi bengkak setelah sunat, di antaranya:

  1. Berikan obat analgesik sesuai dosis dari dokter

Apabila si Kecil merasakan nyeri pada area bekas luka sunat, berikan obat analgesik atau penghilang nyeri sesuai dosis anjuran oleh dokter.

  • Rutin membersihkan area penis

Jagalah kebersihan alat kelamin terutama pada luka bekas sunat setelah buang air kecil atau ketika mandi. Gunakan celana yang longgar agar tidak terjadi gesekan pada luka.

  • Kompres bengkak pada penis

Bengkak yang terjadi bisa karena bekas suntikan yang akan kempes dengan sendirinya seiring waktu. Namun, kamu bisa mengompresnya dengan menggunakan air hangat dan kain kasa selama 5-10 menit untuk meredakan bengkak.

  • Konsumsi makanan berprotein tinggi

Berikan si Kecil dengan makanan tinggi protein, agar membantu proses penyembuhan luka agar cepat kering. Makanan seperti sayur yang mengandung banyak vitamin, ikan, telur, daging bisa Bunda sajikan untuk si Kecil.

  • Kontrol pasca sunat

Rutinlah melakukan kontrol pasca sunat ke dokter agar luka sunat tidak menimbulkan infeksi.

Jadi sebaiknya jangan sepelekan bengkak yang terjadi pada penis si Kecil ya Ayah Bunda. Pastikan untuk tetap merawat kebersihan alat kelamin dan atasi bengkak yang terjadi dengan cara-cara di atas. Jika terjadi komplikasi pasca sunat sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan yang tepat. Terus pantau si Kecil agar ia tetap terjaga kesehatan dan kebersihan penisnya.

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya