Pentingnya Melakukan Kontrol Pasca Sunat untuk Cegah Terjadinya Infeksi

Kontrol pasca sunat itu ternyata penting lho, Ayah Bunda! Apabila si Kecil baru saja selesai sunat, Ayah Bunda bisa membawanya kembali ke klinik setelah beberapa hari untuk melakukan kontrol. Beberapa klinik mungkin tidak menyediakan layanan ini, namun di Rumah Sunat dr. Mahdian, si Kecil tentunya bisa kontrol gratis pasca sunat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi atau infeksi yang bisa berbahaya bagi kesehatan si Kecil. Dokter biasanya akan memeriksa kembali kondisi penis dan melakukan penanganan yang tepat apabila terjadi infeksi, seperti luka bernanah, berdarah atau bengkak.

Masa penyembuhan adalah hal yang juga sering menjadi pertimbangan untuk sunat si Kecil. Masa penyembuhan berbeda tergantung dari beberapa hal, seperti kondisi kesehatan si Kecil, teknik/ metode sunat saat tindakan, serta cara perawatan luka pasca sunat. Ayah Bunda tak perlu lagi khawatir, karena sekarang ada metode sunat modern klem dengan masa penyembuhan yang lebih cepat dari cara konvensional. Sebelum memutuskan untuk menyunat si Kecil, sebaiknya Ayah Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang akan menangani tindakan sunat. Dokter harus mengetahui kondisi kesehatan si Kecil untuk memudahkan proses sunat.

Lantas, persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum sunat si Kecil?

Persiapan Sebelum Sunat

Persiapan sebelum sunat si Kecil
  • Pilihlah klinik sunat yang terpercaya. Klinik sunat yang bagus biasanya memiliki dokter sunat dan tim medis yang berpengalaman. Ayah Bunda bisa memilih Rumah Sunat dr. Mahdian untuk menangani tindakan sunat karena kami memiliki dokter sunat dengan jam terbang tinggi yang telah menangani ribuan tindakan sunat.
  • Berkonsultasilah dengan dokter yang akan menangani tindakan sunat. Pastikan si Kecil dalam keadaan fit dan sehat sebelum dan selama proses sunat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dokter dalam melakukan tindakan dan mencegah berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.
  • Jangan paksa si Kecil untuk sunat. Ajak si Kecil untuk memahami dulu apa itu sunat dan pentingnya sunat dengan cara yang mudah dimengerti olehnya. Memaksa hanya akan membuatnya takut dan semakin cemas. Bahkan beberapa anak mungkin akan langsung panik saat mendengar kata sunat. Bujuk secara perlahan sampai ia yakin bahwa memang sudah waktunya sunat.
  • Tanyakan pada dokter metode sunat apa yang akan digunakan nantinya. Ayah Bunda bisa menggunakan metode sunat modern Mahdian Klem yang cocok untuk sunat si Keci. Metode ini lebih nyaman karena tanpa jarum suntik, tanpa jahit, tanpa perban dan minim risiko nyeri. Setelah sunat, anak pun bisa langsung beraktivitas lho Ayah Bunda.
  • Setelah sunat,jangan lupa tetap lakukan kontrol ke dokter untuk memeriksa keadaan penis si Kecil agar tidak terjadi pendarahan atau infeksi lainnya.

Kontrol Gratis Pasca Sunat di Rumah Sunat dr. Mahdian

Setelah sunat, tetap lakukan perawatan yang tepat di rumah. Ajak si kecil untuk beristirahat dengan cukup dan jangan dulu beraktivitas yang berlebihan. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan pada luka bekas sunat. Ayah Bunda tetap harus memandikan si Kecil dan membersihkan penisnya setiap habis buang air kecil. Jika merasakan sakit di sekitar penis, segera berikan obat penghilang nyeri.

Dokter biasanya akan memberikan jadwal kapan harus kembali ke dokter untuk kontrol. Kontrol pasca sunat sangat penting untuk dilakukan apalagi jika si Kecil mengalami keluhan tertentu. Keluhan bisa berupa demam, luka sunat berdarah atau bernanah, bengkak serta kesulitan buang air kecil hingga 12 jam setelah sunat.

Jadi, jangan lupa mengajak si Kecil untuk melakukan kontrol pasca sunat untuk mencegah dari berbagai risiko yang mungkin timbul, seperti terjadinya komplikasi pada luka sunat. Rumah Sunat dr. Mahdian juga memiliki layanan panggilan darurat 24 jam untuk memudahkan pasien jika memiliki keluhan tertentu yang membutuhkan penanganan segera.

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, sekarang Ayah Bunda nggak perlu cemas lagi ya.  Yuk, ajak si Kecil untuk sunat sehat dengan petualangan baru hanya di Rumah Sunat dr. Mahdian!

admin

admin

Leave a Replay

Artikel dan Berita Lainnya